Memilih Pelumas : SAE Grade Jadi Acuan

pilih oli (2)
Di mesin peran pelumas sangat vital. “Pelumas membentuk lapisan sangat tipis antar komponen yang bergerak. Perannya melindungi komponen-komponen yang bergerak agar tidak terjadi kontak langsung, sehingga bergesekan dan menyebabkan keausan,” terang Leo Kin Mun, Shell Global Motorcycle Oil Technology Manager Project & Technology. 

Leo termasuk salah seorang wakil Shell di tim Ducati MotoGP selama musim balap berlangsung. “Untuk satu race, tim Ducati biasanya memerlukan antara 40-50 liter pelumas,” bisik Leo yang di jumpai di MotoGP Sepang 2012 lalu.

Kualitas pelumas bisa diketahui dari label API (American Petroleum Institute) Service. Untuk mesin bensin, spesifikasi API Service tertinggi saat ini adalah SN. Di bawah SN, API Service untuk mesin bensin yaitu SM, SL, SJ, SH, SG, SE sampai terendah SA.

Mesin yang direkomendasi memakai API Service SG misalnya boleh memakai pelumas dengan spesifikasi API Service SN. Tapi mesin yang seharusnya memakai pelumas dengan API Service SN dilarang memakai pelumas dengan spesifikasi API Service lebih rendah seperti SM atau SL,” wanti Leo.

Namun Leo menambahkan kalau yang lebih penting saat memilih pelumas bukanlah memperhatikan label API Service melainkan SAE (Society of Automotive Engineers). Satuan SAE menunjukkan tingkatan viskositas.

Ada viskositas single grade seperti SAE 10 atau SAE 40. Ada juga viskositas multigrade seperti 20W-50, 15W-40, 10W-30 atau 20W-40. “Semakin kecil angkanya pelumas akan semakin encer,” jelas Leo.

Mesin-mesin modern menuntut penggunaan oli yang semakin encer. “Paling aman patuhi spesifikasi SAE yang direkomendasikan oleh pabrikan,” pesan Leo sembari mengatakan kalau saat ini pelumas untuk motor-motor Honda rata-rata lebih encer dibandingkan pelumas untuk pabrikan lain.

Apabila direkomendasi untuk menggunakan pelumas dengan SAE 10W-30 ya dipatuhi saja. Jangan sesekali memilih pelumas dengan SAE yang berbeda dari apa yang tertera di buka panduan pemilik. Apakah itu lebih encer seperti 0W-30 atau malah lebih kental semisal 20W-40 jika tidak ingin mesin bermasalah di suatu hari. Hal ini berlaku untuk mesin bensin dan diesel. Sementara kalau API Service silakan lirik API Service tertinggi.  (source : R2)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

dunia digital

teknologi digital untuk semua..

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Otoblogger Indonesia

Mari Ngobrol Tentang Otomotif

indomotoblog

One Stop Indonesian Motorcycle Blog

kDW Motoblog

All About Motorcycle News

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

PAGUYUBAN BeAT JAWA TIMUR

The Journey for ONE HEART Brotherhood

soerabajascoopycommunity

Just another WordPress.com site

Honda Cub Surabaya

Perkumpulan Penggemar Motor Honda C50,C70,C90 Surabaya

%d bloggers like this: