Sebuah Cerita dari Negeri di Atas Awan

sarangan cemorosewu 0000022

Kurang lengkap rasanya jika anda sedang berada di kota Magetan tanpa berkunjung atau sekedar singgah di Telaga Sarangan dan Tawangmangu. Kedua daerah ini merupakan obyek wisata andalan kota Magetan.

Telaga Sarangan.
Telaga Sarangan yang juga dikenal dengan sebutan telaga Pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, jawa Timur. Berjarak sekitar 16 km arah barat kota Magetan, Jawa Timur. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25oC, telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Tarif masuk sejak 1 April 2013 kemarin naik . Tiket untuk dewasa yang awalnya Rp. 4000,- menjadi  Rp. 7500,-  dan anak-anak  dari Rp. 2500 menjadi Rp. 5000,-.

Di sekeliling telaga terdapat banyak penginapan/ hotel dengan biaya mulai dari 75ribu/ hari. Puluhan kios cenderamata, jajanan serta hasil bumi/ sayuran khas Sarangan banyak berjejer pula di pinggir-pinggir telaga. Saran costermania bila akan berkunjung pada musim liburan diharapkan untuk memesan tempat penginapan jauh-jauh hari, karena biasanya akan penuh pada musim liburan.

sarangan cemorosewu 0000017 sarangan cemorosewu 0000019 sarangan cemorosewu 0000018 sarangan cemorosewu 0000031 

 

sarangan 0000004 sarangan 0000005 sarangan 0000006 sarangan 0000007 sarangan 0000008

Pungunjung dapat menikmati keindahan telaga dengan berjalan kaki, mengendarai kuda dengan biaya 35ribu/1 kali putaran atau dengan menyewa speedboat/kapal cepat seharga 40ribu/1 kali putaran. Fasilitas lainnya pun banyak tersedia, seperti rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, ponten umum dan taman.
Hidangan khas yang juga banyak dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci dengan harga 8ribu/10 tusuk sate, plus 1 porsi lontong seharga Rp 1000,-.

Dinginnya suhu cuaca di sekitar telaga maka sebaiknya anda siapkan baju/jaket tebal atau atribut dingin lainnya supaya nyaman dan tidak kedinginan.

Tawangmangu – Cemorosewu – Cemorokandang.
Usai berkeliling di telaga Sarangan, merasa tanggung maka costermania bergerak ke daerah atasnya lagi menuju Tawangmangu. Berjarak sekitar kurang lebih 40-an kilometer dari telaga Sarangan. Terletak di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan merupakan tapal batas antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

sarangan cemorosewu 0000020 sarangan cemorosewu 0000021 sarangan cemorosewu 0000023 sarangan cemorosewu 0000024 sarangan cemorosewu 0000025 sarangan cemorosewu 0000026 sarangan cemorosewu 0000027 sarangan cemorosewu 0000028 sarangan cemorosewu 0000029 sarangan cemorosewu 0000030

Trek jalan berkelok-kelok dan naik-turun yang terhampar di sepanjang perjalanan. Tanjakan lebih tinggi dari trek Sarangan, maka costermania menyarankan untuk senantiasa berhati-hati dan waspada. Ikuti dan patuhi saja rambu-rambu yang akan banyak ditemui disepanjang perjalanan. Di kanan kiri jalan terhampar pemandangan yang elok nan indah. Hutan-hutan dengan vegetasi khas udara dingin membuat costermania serasa berada di dunia yang lain.

Di daerah inilah juga merupakan titik awal/ start para pendaki yang akan menuju puncak gunung Lawu. Ada dua pos start awal, yaitu pos Cemorosewu untuk yang ingin memulai pendakian dari Jawa Timur, dan Cemorokandhang untuk yang ingin memulai pendakian dari Jawa Tengah. Jarak antara kedua pos ini pun terbilang tidak jauh, tinggal para pendaki ingin memilih trek yang bagaimana. Kalau dari Cemorosewu jarak lebih dekat menuju puncak Lawu namun kondisi trek nya menanjak. Sedangkan kalau dari Cemorokandhang trek lebih landai namun jarak yang ditempuh lebih jauh.

Di perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah ini juga merupakan lokasi yang banyak diminati oleh teman-teman bikers dari berbagai komunitas motor sebagai lokasi jalan-jalan (turing). Sebab dilokasi ini banyak berjajar kios2/ warung2 makan yang bisa digunakan sekaligus untuk nongkrong bersama. Lahan parkir pun terbilang cukup luas dan banyak tersedia.

Suhu udara disini lebih dingin dari telaga Sarangan, bisa mencapai 50C, maka disarankan untuk memakai baju yang lebih tebal lagi serta atribut2 dingin lainnya. Karena tingginya area ini maka kita dengan mudah mendapati awan putih sejajar dengan kita berdiri. Serasa berada di negeri di atas awan saja.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

dunia digital

teknologi digital untuk semua..

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Otoblogger Indonesia

Mari Ngobrol Tentang Otomotif

indomotoblog

One Stop Indonesian Motorcycle Blog

kDW Motoblog

All About Motorcycle News

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

PAGUYUBAN BeAT JAWA TIMUR

The Journey for ONE HEART Brotherhood

soerabajascoopycommunity

Just another WordPress.com site

Honda Cub Surabaya

Perkumpulan Penggemar Motor Honda C50,C70,C90 Surabaya

%d bloggers like this: