Beragam modus penipuan via ponsel.

penipuan via ponsel

Semakin ada-ada saja cara atau modus para pelaku penipuan via ponsel akhir-akhir ini. Berikut beberapa diantaranya:

1> Penipuan pulsa SMS. “Ma tolong isi’in pulsa papa, papa lagi ada dikantor polisi,” atau “yaank, isi’in pulsa doong, lgi di jalan pulsa abis, penting nih,”  bla… blaa… blaaa….  Walah…

2> Via ATM. Sasaran/ korban di SMS berisi pemberitahuan jika mendapat hadiah uang dalam jumlah jutaaan. Jika ingin mengambil hadiah disuruh menghubungi nomor telepon yang telah diberitahukan di SMS. Jika korban menelepon maka kemudian diarahkan oleh penipu untuk menuju ke ATM untuk memandu proses transfer uang hadiah tersebut. Dalam proses transfer tersebut jika korban tidak memperhatikan dengan seksama maka yang terjadi sebenernya bukannya mendapat hadiah uang tetapi malah sebaliknya, Pada akhirnya korban menyadari debet rekening yang ada di tabungannya  telah berkurang sejumlah uang hadiah, Uang tersebut tertransfer dari rekeningnya menuju rekening sang penipu.

3> Penipuan dengan modus menelepon. Sang penipu menelepon sasarannya, awalnya terdengar suara orang pertama menangis atau suara memelas yang sengaja dibuat tidak jelas. Kemudian muncul suara orang kedua yang mengaku dari kepolisian (biasanya dari Polda). Orang tersebut kemudian menanyakan apakah korban memiliki saudara (laki-laki/perempuan). Kemudian bertanya siapa namanya (aneh?), yang kemudian menyampaikan kalau saudara yang bernama tersebut telah tertangkap polisi karena terdapati telah membawa narkoba. Nah loh…
Costermania pernah juga mengalaminya. Awalnya kaget juga. Karena ingin info yang jelas, costermania kemudian menanyakan nama suara kedua yang mengaku seorang Polisi dari Polda. Karena kebetulan costermania sedang berada dekat dengan kantor Polda dan bermaksud langsung samperin saja karena kurang jelas kalau via telepon. Eh, pelaku malah mengalihkan omongan sedang dijalan dan tidak memberitahukan namanya. Semakin penasaran, costermania lalu menanyakan dimana posisi pelaku yang mengaku telah menangkap saudara costermania, dengan nada agak tinggi. Eh, pelaku malah merasa di dikte. Semakin kuatlah keyakinan costermania kalau ternyata ini adalah modus penipuan.

4> Penipuan SMS dari provider telepon seluler. SMS -nya berisi yang bersangkutan telah mendapat undian promo bla.. blaa… blaaa… Jika ingin mengambil hadiah disuruh menghubungi call center 081*****  Aneh kaan?
Setelah ditelepon ke nomor call center tersebut kita akan mendapat panduan bagaimana cara mengambil hadiah (sama dengan modus nomor 2 diatas).

5> Penipuan transaksi jual-beli online. Pembeli meyakinkan penjual via online bahwa telah melakukan transfer dengan bukti cetak transfer. Padahal bukti cetak tersebut telah dimanipulasi alias palsu. Sekilas mungkin susah untuk diketahui keasliannya. Apalagi jika penjual melihatnya dari gadget (BB atau ponsel). Dengan bukti tersebut lah penjual yakin bahwa pembeli telah melakukan transfer ke rekeningnya. Meski di cek saldo transferan belum masuk, spekulasinya mungkin masih diproses di banknya. Padahal ternyata jika dicermati dengan seksama melalui komputer, bukti cetak transfer tersebut adalah palsu. Cermati saja di jenis font angka nominal uang yang tertera. Ternyata font tersebut telah dimanipulasi melalui komputer dengan mengganti jumlah nominal nya.
Atau ada lagi modus pembeli via online tersebut pada awalnya membeli barang dengan harga yang murah dan traksaksinya beres. Kemudian pembeli tersebut hendak membeli lagi barang/produk yang lebih mahal. Tapi ditransaksi yang kedua ini yang bersangkutan memakai alamat kirim yang berbeda dan yang mentransfer adalah istri atau keluarga terdekatnya. Lalu pembeli konfirmasi jika sudah mentransfer uang ke rekening penjual. Setelah di cek oleh penjual ternyata transferan belum masuk. Karena tidak melakukan transfer sendiri maka pembeli akan berdalih mungkin lagi proses di banknya. Dan jika penjual hanya mengandalkan kepercayaan pada transaksi pertama yang beres, maka penjual akan mengirim barang yang akan dibeli di transaksi kedua. Padahal itu hanya akal-akalan pembeli untuk mendapatkan kepercayaan saja dari penjual.
Atau ada lagi dari sisi penjualnya yang ternyata penipu. Rata-rata traksaksi jual-beli via online akan mengirim barang/ produk yang dibeli jika sudah melakukan transfer uang pembelian. Beberapa oknum penjual yang ternyata penipu akan menghilang dari “peredaran” begitu uang telah ditransfer. Atau mungkin beli barang yang di lapak online tertulis ‘baru’, dikirimnya barang yang sudah usang/ telah terpakai atau pernah ada dikirimnya barang rongsokan. Maka pintar-pintarlah mencari tahu keberadaan/eksistensi dari penjual online.

5> Yang terbaru ini penipuan via SMS yang didukung media internet. Masih berkedok SMS berisi pemberitahuan bahwa sasaran/ korban adalah pemenang undian promo dari sebuah provider seluler. Begitu meyakinkannya karena list para pemenang bisa dilihat di sebuah alamat blogspot. Nah looh, kenapa pakai blog yah?? Padahal providernya telah memiliki website yang lebih canggih dari piranti/fitur yang ada di blog. Ada-ada saja. Dan kalau blog-nya masih aktif, berikut ini alamatnya> http://hadiaxl2013.blogspot.com/  ;   http://proxl.webs.com/

Maka dari itulah, costermania mengajak rekan pembaca sekalian untuk senantiasa waspada dan selalu berhati-hati. Cek-ricek terlebih dahulu atau tanya dulu di berbagai pihak atas kebenaran sebuah info SMS atau telepon.

    • tt
    • April 13th, 2013

    apa tidak bisa ditutup aja tuh blog penipunya ???

  1. Thanks for sharing your thoughts on polda jatim.
    Regards

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

dunia digital

teknologi digital untuk semua..

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Otoblogger Indonesia

Mari Ngobrol Tentang Otomotif

indomotoblog

One Stop Indonesian Motorcycle Blog

kDW Motoblog

All About Motorcycle News

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

PAGUYUBAN BeAT JAWA TIMUR

The Journey for ONE HEART Brotherhood

soerabajascoopycommunity

Just another WordPress.com site

Honda Cub Surabaya

Perkumpulan Penggemar Motor Honda C50,C70,C90 Surabaya

%d bloggers like this: