Monumen G30S/PKI di Kresek, Kare, Madiun

monumen kresek 0000043
Suasana mencekam dan menakutkan menyelimuti seluruh warga kota Madiun dan sekitarnya tahun 1948 lalu. Disana-sini terjadi penculikan serta pembantaian. Beberapa pejabat, perwira TNI, pimpinan partai, alim ulama, tokoh masyarakat dan warga yang dianggap musuh dibunuh dengan kejam. Sebuah gerakan yang terkenal dengan sebutan G30S/PKI menjadi dalang keresahan pada saat itu.

Salah satu dari sekian banyak tempat tragedi tersebut yang cukup terkenal adalah desa Kresek. Karena juga merupakan basis pelarian salah satu gembong gerakan tersebut, Muso. Yang kemudian tertangkap/terbunuh bersama seluruh pendukungnya di desa tersebut juga oleh serangan gabungan TNI dari Divisi Siliwangi, Divisi-II (Semarang-Surakarta), Divisi-I (Jawa timur), pasukan Mobile Brigade Besar (MBB) Jawa Timur serta dibantu oleh warga dan tokoh-tokoh masyarakat sekitar.
monumen kresek 0000035 monumen kresek 0000033

monumen kresek 0000034 monumen kresek 0000036

Di desa Kresek tersebut banyak prajurit TNI dan pamong desa yang gugur dalam pertempuran melawan PKI maupun karena dibantai PKI. Kolonel Marhadi adalah prajurit TNI berpangkat tertinggi yang gugur dalam pertempuran desa Kresek, namanya lalu diabadikan menjadi salah satu nama jalan di kota madiun dan didirikan pula patungnya di alun alun kota Madiun sebagai bentuk penghormatan. Dan untuk mengenang para korban keganasan PKI di desa Kresek tersebut, maka dibangunlah sebuah monumen yang menjadi saksi sejarah.

monumen kresek 0000038 monumen kresek 0000037 monumen kresek 0000039 monumen kresek 0000042monumen kresek 0000040 monumen kresek 0000041

Menurut warga setempat, area monumen kresek dahulu adalah bekas rumah warga yang dijadikan PKI sebagai ajang pembantaian, warga sekitar dikurung di dalam rumah tersebut lalu rumah tersebut tersebut dibakar bersama warga yang ada di dalamnya. Di sebelah utara monumen kresek terdapat monumen kecil yang terbuat dari batu kali/sungai yang mengukir nama-nama prajurit TNI dan para pamong desa yang dibantai oleh PKI.

Lokasi yang terletak sekitar 15 km kearah timur dari kota Madiun tersebut mempunyai luas 2 hektar. Terdapat fasilitas wisata di tempat ini, antara lain, pendopo tempat istirahat, taman tanaman langka, deretan kedai/warung makanan dan areal parkir yang luas. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang Rp.2000,- untuk parkir (mobil/motor). Suhu udara terbilang panas, maka tidak perlu menyiapkan atribut baju khusus.

    • JOKO SABLENX
    • July 11th, 2014

    g30spki itu khan thn 65?

    • andre maulana
    • July 3rd, 2015

    pemberontakan pki dan g30s biang kerok nya adalah soeharto. yg suka memutarbalikkan fakta dan mengadu domba. cara cara amerika. krn soeharto antek amerika.

    • andre maulana
    • July 3rd, 2015

    soekarno, para jendral, TNI, ormas agama, PKI, rakyat… semua korban kelicikan soeharto. mrk saling bantai, soeharto yg ambil keuntungan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

dunia digital

teknologi digital untuk semua..

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Otoblogger Indonesia

Mari Ngobrol Tentang Otomotif

indomotoblog

One Stop Indonesian Motorcycle Blog

kDW Motoblog

All About Motorcycle News

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

PAGUYUBAN BeAT JAWA TIMUR

The Journey for ONE HEART Brotherhood

soerabajascoopycommunity

Just another WordPress.com site

Honda Cub Surabaya

Perkumpulan Penggemar Motor Honda C50,C70,C90 Surabaya

%d bloggers like this: