Repsol Honda Team : Optimis Juara!

8597-art

Shuhei Nakamoto: “Melihat hasil tahun lalu, kami yakin punya kesempatan besar merebut juara dunia tahun ini.”   

Presentasi resmi tim Repsol Honda untuk musim kompetisi 2013, tanggal 24 Januari lalu di Madrid, Spanyol dipenuhi semangat dan keyakinan tinggi. Tahun ini mahkota juara dunia akan kembali direbutnya!

Keyakinan ini didasarkan pada fakta kesuksesan motor 2013, RC213V yang telah digunakan balap mulai paruh musim kedua tahun lalu. Hasilnya, dari 7 kemenangan yang diraih Pedrosa (kemenangan terbanyak tahun lalu), 6 di antaranya diraihnya pada 8 seri terakhir. Dan meskipun juara dunia pembalap 2012 berhasil direbut pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, namun Honda dengan mudah mengalahkan rivalnya itu dalam constructors’ race.

Paling membanggakan raihan itu dicapainya bersama RC213V spek 2013 yang lahir prematur sebagai dampak pemberlakuan regulasi penambahan bobot minimum motor secara mendadak. Mau tak mau, Honda harus menambahkan pemberat sebanyak 4 kg ke motor. Dan itu tak mudah karena terkait dengan weight distribution. Diperburuk lagi dengan digunakannya ban spek baru yang diperkenalkan Bridgestone.

Karena segala upaya untuk mengatasi masalah chatter tak kunjung membuahkan hasil, maka HRC membuat terobosan berani dengan memperkenalkan generasi terbaru RC213V, yang dibuat sesuai dengan regulasi teknik MotoGP 2013. Hasilnya, baik Casey Stoner maupun Dani Pedrosa tampil mendominasi. Arti semua ini, RC213V terbukti kompetitif sejak awal debutnya di paruh musim kedua tahun lalu.

Karena alasan inilah Honda merasa tak perlu melakukan banyak ubahan. Shuhei Nakamoto, HRC Executive Vice President memastikan tak ada redesign radikal yang dilakukan pada motor itu. “Hanya sekadar evolusi dari model yang kami pakai mulai GP Laguna Seca atau sejak paruh musim kedua hingga akhir musim lalu,” kata Nakamoto.

Nah karena sudah ketahuan almost perfect sejak awal musim inilah Nakamoto sangat yakin tahun ini pembalapnya akan berada di depan. Bahkan Nakamoto mengaku tak akan terkejut jika Marc Marquez, jawara GP125 cc dan Moto2 yang tahun ini naik kelas dan memperkuat tim Repsol Honda bersama Pedrosa ini, akan langsung naik podium.

Semua orang tahu, dia adalah rider yang sangat cepat sejak awal (debut MotoGP-nya),” yakin Nakamoto merujuk pada hasil tes perdana Marquez di atas motor MotoGP Honda di Valencia, November lalu. Saat itu catatan waktu Marquez hanya terpaut 1 detik dari Pedrosa. Lalu di tes tertutup HRC di Sepang, Marquez kembali membuat catatan waktu impresif. Dengan lap time itu, seandainya Marquez ikut balap MotoGP tahun lalu di Sepang, dia akan berada di posisi ke-8.

Bahkan di hari terakhir tes Sepang 2 lalu, Marquez berhasil menggeser posisi Lorenzo di posisi ke-2, hingga menempatkannya di bawah Pedrosa dengan selisih waktu 0,081 detik.

0000103904

Keberhasilan Marquez beradaptasi dengan cepat ini secara tak langsung menggambarkan, betapa mudahnya RC213V ini dikendarai. Bahkan pembalap ‘kemarin sore’ pun bisa melaju lebih cepat ketimbang juara dunia MotoGP 2012! Wajar jika Nakamoto berkoar, “Saya yakin di seri 1 (GP Qatar) nanti, dia (Marquez) bisa naik podium.” Namun demikian Nakamoto menyadari sebagai pembalap rookie, Marquez butuh banyak belajar soal MotoGP. Terutama soal manajemen ban.

Keyakinan mencapai impian menjadi juara dunia juga diberikan Nakamoto kepada Pedrosa. Nakamoto melihat tahun 2013 adalah kesempatan terbaik bagi Pedrosa untuk memenuhi impiannya menjadi juara dunia. Hal ini didasarkan pada kemampuan Pedrosa merebut 7 kemenangan, terutama 6 di antaranya yang direbut pada paruh musim kedua dengan RC213V. Termasuk wet race di Sepang yang menjadi kelemahan Pedrosa selama ini.

Dari hasil tahun lalu ini kami yakin punya kesempatan besar merebut juara dunia tahun ini,” semangat Nakamoto yang menargetkan timnya mampu merebut gelar juara untuk 3 kategori tahun ini, yakni pembalap, tim, dan konstruktor.    (Sumber : Panduan MotoGP 2013)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

dunia digital

teknologi digital untuk semua..

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Otoblogger Indonesia

Mari Ngobrol Tentang Otomotif

indomotoblog

One Stop Indonesian Motorcycle Blog

kDW Motoblog

All About Motorcycle News

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

PAGUYUBAN BeAT JAWA TIMUR

The Journey for ONE HEART Brotherhood

soerabajascoopycommunity

Just another WordPress.com site

Honda Cub Surabaya

Perkumpulan Penggemar Motor Honda C50,C70,C90 Surabaya

%d bloggers like this: